Address

Zavira Regeny Blok A7
Batas Kota Pekanbaru - Kampar
Riau — Indonesia

Work Hours

Senin - Sabtu, 08.00 - 17.00 WIB

8 Cara meningkatkan peringkat website pada Google Organik

Artikel ini akan memberi tahu Anda semua hal yang perlu Anda ketahui tentang cara meningkatkan peringkat website pada pencarian Google.

Jika Anda sedang mencari panduan lengkap tentang cara meningkatkan peringkat website untuk kata kunci tertentu, maka inilah postingan yang perlu Anda baca.

Di bawah ini, Anda akan menemukan setidaknya 8 langkah yang berguna untuk meningkatkan ranking website untuk kata kunci apa pun — niche apa pun .

Jadi, apa pun bisnis atau konten Anda, metode untuk meningkatkan peringkat kata kunci ini dapat anda gunakan dengan baik.

8 Tahapan meningkatkan ranking website

1. Analisa Existing Content

Langkah pertama yang harus kita lakukan untuk meningkatkan peringkat website adalah menemukan halaman website yang paling membutuhkan perbaikan.

Jika anda sudah menemukan halaman website yang harus optimalkan agar makin bagus, selanjutnya kita bisa masuk ke langkah kedua.

Beberapa kali kami (litleproject.com) mendapatkan klien SEO yang sudah punya banyak trafik, tapi belum optimal, maka trik ini bisa kita gunakan.

Mudah-mudahan, Anda sudah memasang Google Analytics di website anda. Jika tidak, sekaranglah saatnya melakukannya sehingga Anda dapat mulai menerima data lalu lintas untuk setiap URL website Anda.

Setelah Anda berada di Google Analytics, Anda perlu mencari URL yang tidak mendapatkan banyak lalu lintas karena ini adalah halaman yang ingin Anda tingkatkan peringkat websitenya.

Buat daftar URL yang ingin Anda tingkatkan peringkat kata kuncinya, lalu lanjutkan ke langkah berikutnya (ini langkah penting, walaupun terkesan sepele).

2. Pilih keyword yang tepat

Cara tercepat untuk meningkatkan peringkat website Anda adalah dengan memilih kata kunci terbaik untuk ditingkatkan, ini bagian penting dalam proses SEO.

Anda dapat melakukan ini dengan cepat dengan melihat real estat kata kunci yang ada dan membuat daftar frasa yang termasuk dalam posisi 11 hingga 30 di halaman peringkat website (SERP). Lihat panduan saya tentang apa artinya SERP jika Anda membutuhkan penjelasan lebih dalam tentang istilah ini.

Kata kunci di posisi ini jauh lebih mudah untuk dinaikkan di SERP dengan metode SEO on-page sederhana yang akan kita bahas di langkah selanjutnya.

Namun untuk saat ini, kita perlu mencari tahu apa kata kunci tersebut.

Untuk langkah ini, Anda harus melihat data yang disediakan di Google Search Console Anda . Jika Anda belum menyiapkan alat ini untuk situs web Anda, sekaranglah waktunya untuk melakukannya. Setelah sekitar 30 hari, Anda akan memiliki cukup data peringkat kata kunci untuk memulai peningkatan.

Setelah Anda berada di Google Search Console, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik pada tab “Kinerja” di sidebar kiri.
  • Klik pada tab “Baru” di tengah layar dan pilih “Halaman”.
  • Di munculan, pastikan “Filter” dipilih serta “URL yang berisi”.
  • Rekatkan salah satu URL yang ingin Anda tingkatkan hasil kata kuncinya ke bidang ini.
  • Klik pada tombol “Terapkan”.
  • Di bagian tengah halaman, hapus centang pada kotak “Total Clicks” tetapi pastikan untuk memilih kotak “Total Impressions” dan “Average Position”.

Layar utama sekarang hanya akan menampilkan kueri (yaitu kata kunci), tayangan, dan data posisi untuk URL khusus ini di Google.

Pada tabel di bawah grafik, klik tajuk kolom “Tayangan” untuk mengurutkan tayangan dalam urutan menurun (yaitu tertinggi ke terendah).

Catat kueri teratas yang memiliki jumlah tayangan tinggi dan berada di antara posisi 11 hingga 30. Ini adalah kata kunci yang akan Anda fokuskan pada langkah 3.

Adapun berapa banyak kata kunci per halaman yang menjadi fokus untuk SEO , jawabannya tergantung pada panjang konten.

Misalnya, 3-5 kata kunci bagus untuk posting blog 500 kata, sementara 5-6 kata kunci dapat digunakan untuk artikel 2.000 kata atau lebih.

3. Optimalkan Onpage SEO

Dengan keyword high-impression/low-position Anda, sekarang Anda perlu memperbaiki SEO on-page Anda untuk istilah-istilah ini.

Pada dasarnya, Google memberi tahu Anda bahwa ini adalah kata kunci yang harus mendapat peringkat tinggi untuk halaman Anda, tetapi tidak memiliki sinyal SEO on-page yang cukup kuat untuk membawa Anda ke 10 peringkat website teratas.

Jadi kami akan memperbaikinya dengan SEO on-page yang lebih baik.

1. Tambahkan Kata Kunci ke Konten

Pertama, pastikan Anda menggunakan masing-masing kata kunci tersebut sekitar 3-4 kali dalam isi halaman. Ini tidak termasuk tag judul seperti H1, H2, H3, dan H4.

Jika Anda tidak menggunakan kata kunci 3-4 kali, tambahkan kata kunci tersebut agar terbaca secara alami. (hindari keyword stuffing)

Kadang-kadang kita juga perlu memperhatikan soal keyword placement, menempatkan keyword pada posisi yang tepat.

2. Tambahkan Kueri Teratas ke Judul

Pilih 2-3 kueri dengan jumlah tayangan tertinggi dan tambahkan setidaknya satu judul H2 dan H3.

Jika Anda dapat menyesuaikan tajuk yang ada di halaman, lakukan itu. Jika tidak bisa, cari cara untuk menambahkan lebih banyak judul H2 dan H3 untuk memecah konten.

Seperti yang Anda lihat di posting ini, saya memiliki lima H2 yang membagi topik utama di halaman. Saya juga 10 H3 untuk garis besar langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan hasil pencarian kata kunci Anda. Struktur ini memberi saya banyak pilihan untuk mengoptimalkan halaman dengan lebih baik untuk kata kunci target yang ingin saya rangking.

Anda dapat menggunakan ide yang sama ini untuk meningkatkan garis besar dan struktur halaman Anda untuk mendapatkan 2-3 kueri teratas setidaknya sekali setiap kali di lokasi judul H2 dan H3 ini.

Akhirnya, tag H1 Anda harus sudah mengandung kata kunci utama Anda. Jika tidak maka Anda harus meletakkannya di sana sekarang. Selain itu, jika Anda dapat memasukkan salah satu dari kata kunci tambahan ini ke dalam tag H1 tanpa terlihat tidak wajar, lakukan juga.

Seperti yang saya jelaskan dalam posting saya tentang praktik terbaik tag H1 SEO , elemen H1 adalah salah satu dari 3 faktor peringkat teratas untuk pengoptimalan halaman. Jadi, Anda ingin mendapatkan bidang ini dengan benar

4. Perluas Peringkat website Anda

Jika Anda hanya melakukan langkah 1-3 dan tidak lebih, maka Anda pasti akan melihat peningkatan pada posisi kata kunci Anda. Berikut adalah panduan tentang cara memeriksa peringkat kata kunci di Google jika Anda memerlukan bantuan untuk proses tersebut.

Namun, Anda dapat meningkatkan peringkat Anda lebih jauh lagi dengan bekerja untuk memperluas hasil pencarian kata kunci di setiap halaman Anda dengan mengikuti langkah 4-10.

Untuk langkah ini, Anda memerlukan semacam alat penelitian kata kunci untuk mendapatkan hasil maksimal dari usaha Anda. Anda dapat membayar alat seperti KWFinder (murah dengan uji coba gratis), SEMrush (terbaik dengan uji coba gratis) atau menggunakan alat gratis seperti Ubersuggest atau Google Keyword Planner.

Apa pun alat yang Anda gunakan, proses penelitian untuk memperluas jangkauan kata kunci Anda sama seperti yang dijelaskan di sini:

Unduh Cheatsheet Riset Kata Kunci SEO

  • Buka alat riset kata kunci.
  • Cari kata kunci utama halaman (panjangnya 2-3 kata).
  • Buat daftar saran kata kunci yang paling terkait yang belum Anda gunakan di halaman.
  • Tambahkan 3-4 contoh kata kunci tersebut di dalam isi halaman seperti yang Anda lakukan di langkah 3.
  • Cobalah untuk menambahkan beberapa saran kata kunci ke dalam H2 dan H3 jika Anda bisa.

Dengan mengikuti proses ini, Anda akan membuka halaman Anda untuk mulai menentukan peringkat kata kunci terkait lainnya.

 Itu sebabnya penelitian kata kunci penting untuk SEO . Dan strategi ini akan membantu meningkatkan relevansi topik untuk halaman Anda sehingga Google memiliki lebih banyak informasi untuk mendasari peringkat kata kunci Anda.

5. Pastikan Anda Memenuhi Niat Pengguna

Sampai saat ini, kami hanya berbicara tentang strategi SEO yang dapat dengan cepat meningkatkan hasil kata kunci Anda.

Namun, SEO yang baik hanya akan membawa Anda sejauh ini.

Tanpa konten bagus yang memenuhi maksud pencarian pengguna, laman Anda akan kesulitan mendapatkan— dan bertahan —di posisi peringkat teratas.

Itu karena tugas utama Google sebagai mesin pencari adalah mencocokkan hasil terbaik bagi pencari. Dan laman web yang dioptimalkan dengan benar tidak selalu berarti bahwa itu adalah konten terbaik bagi pengguna.

Oleh karena itu, SEO harus dipasangkan dengan konten yang sesuai dengan maksud pencarian pengguna untuk meningkatkan dan mempertahankan peringkat kata kunci baru Anda.

Tapi bagaimana Anda memastikan bahwa konten Anda memenuhi maksud pengguna?

Ikuti langkah 6-7 di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya.

6. Periksa 5 Pesaing Kata Kunci Teratas Anda

Dalam posting saya tentang rahasia SEO terbaik untuk peringkat Google yang lebih tinggi , saya menjelaskan secara rahasia #2 bagaimana Anda dapat memeriksa hasil pencarian Google untuk mendapatkan ide tentang cara menulis konten terbaik, dan paling layak peringkat, di sekitar kata kunci tertentu.

Dengan melihat beberapa petunjuk, Google akan menunjukkan dengan tepat apa yang perlu Anda lakukan untuk mencocokkan niat pengguna.

Itu karena mesin pencari ini cenderung menyukai jenis konten tertentu untuk setiap permintaan pencarian dan Anda dapat menyalin apa yang berfungsi untuk keuntungan Anda sendiri.

Inilah bagian dari proses rahasia yang perlu Anda ketahui:

  • Cari kata kunci target di Google.
  • Buka 5 halaman peringkat teratas di tab browser baru.
  • Pindai konten masing-masing pesaing dan tuliskan judul topik yang dicakup dalam H2, H3, dan H4.

Setelah Anda melakukan analisis ini, Anda harus memiliki lima garis besar di depan Anda; satu untuk setiap halaman peringkat teratas. Informasi ini akan dibutuhkan di langkah 7 untuk cara meningkatkan hasil pencarian untuk kata kunci target Anda.

7. Tingkatkan Penelitian Pesaing Berbasis Konten Anda

Sekarang setelah Anda memiliki garis besar dari 5 halaman peringkat teratas untuk kata kunci yang Anda inginkan untuk peringkat tinggi halaman Anda, Anda dapat mulai mencari tumpang tindih untuk meningkatkan konten Anda sendiri.

Anda akan melihat pola serupa di judul (H2 ke H4) dari halaman peringkat teratas ini di Google. Dan di mana pun Anda melihat tumpang tindih antara dua atau lebih halaman pesaing Anda, Anda pasti ingin melingkari judul tersebut.

Jelas bahwa Google menyukai jenis bagian tersebut dalam konten dan memilih untuk menghargai halaman yang memiliki H2 hingga H4 tersebut dengan peringkat pencarian kata kunci yang lebih baik.

Oleh karena itu, tajuk yang tumpang tindih itu penting untuk digunakan di halaman Anda sendiri bersama dengan konten yang bagus untuk mendukungnya.

Anda dapat menggunakan halaman pesaing Anda untuk mendapatkan ide tentang apa yang harus ditulis di bawah judul tersebut, tetapi jangan hanya menyalin konten mereka, buatlah unik dan lebih bermanfaat bagi pengguna.

Sekarang jangan hanya berhenti di situ saat memperbarui konten Anda.

Anda juga ingin memasukkan topik relevan lainnya di H2 hingga H4 yang dimiliki pesaing Anda yang menguntungkan pengguna.

Dengan menggabungkan konten terbaik dari yang terbaik dari 5 halaman peringkat teratas ke halaman Anda sendiri, konten Anda akan menjadi sumber online terbaik untuk kata kunci target tersebut.

Dan jika Anda mengikuti langkah proses ini dengan cermat, Anda akan memberi konten Anda peluang yang lebih baik untuk mendapat peringkat di halaman pertama Google untuk kata kunci Anda karena memenuhi semua kriteria yang menurut Google paling baik untuk mencocokkan maksud pencarian dari pengguna.

Tip Bonus

Sebelum kita masuk ke langkah 8, saya ingin menyebutkan satu hal lagi yang dapat Anda lakukan di sini untuk meningkatkan hasil penelusuran.

Jika Anda melihat banyak judul yang tumpang tindih di antara 5 halaman peringkat teratas, kemungkinan Anda juga akan melihat pola di elemen SEO pada halaman lainnya.

Dan jika Anda melakukannya, sebaiknya salin hal-hal lain yang membantu meningkatkan peringkat website untuk halaman ini.

You should also look at these on-page SEO elements for patterns:

  • Meta Title
  • Meta Description
  • URL
  • H1
  • Tag ALT gambar
  • Nama file gambar

Di mana pun Anda melihat pesaing Anda menggunakan kata kunci target di lokasi HTML tersebut, Anda harus melakukan hal yang sama.

Memiliki halaman yang dioptimalkan sepenuhnya akan membantu konten Anda yang lebih baik bersaing lebih mudah untuk mendapatkan tempat kata kunci teratas di Google.

8. Lakukan Tautan Internal Lebih Baik

Tautan internal adalah strategi SEO yang kuat yang tidak mendapatkan banyak perhatian di blog pemasaran digital dan saya tidak yakin mengapa.

Tetapi penautan SEO internal adalah metode efektif yang saya, dan SEO tingkat lanjut lainnya, telah gunakan selama bertahun-tahun untuk meningkatkan SEO dengan cepat dan meningkatkan hasil kata kunci.

Seperti yang dikatakan Brian Dean dari Backlinko , “Ketika Anda menautkan ke halaman lain di situs Anda, Anda mengirimkan otoritas tautan ke halaman itu. Yang dapat membantu peringkat halaman itu lebih baik di Google.”

Inilah metode yang saya buat yang berfungsi dengan baik untuk Anda salin:

Pilih 3-4 kata kunci untuk halaman yang ingin Anda rangking lebih tinggi di Google. Kata kunci ini harus sesuai dengan apa yang sudah Anda optimalkan untuk halaman tersebut.

Temukan konten terkait lainnya di situs Anda yang dapat Anda tempatkan tautan internal ke halaman target itu. (Atau tulis konten baru seperti yang dijelaskan pada langkah 9 di bawah.)

Saat menambahkan tautan internal ke artikel tersebut, putar melalui 3-4 kata kunci pilihan Anda untuk teks jangkar. Juga, tambahkan kata tambahan untuk beberapa hyperlink sehingga setiap tautan internal di situs Anda tidak persis sama (yaitu, ubah sedikit).

Anda dapat memulai dengan 5 tautan internal untuk setiap halaman yang ingin Anda tingkatkan dalam hasil pencarian dan naik dari sana. Jika Anda tidak melihat pergerakan apa pun setelah 14 hari, tambahkan 5 tautan internal lagi.

Akhirnya, Anda akan menemukan sweet spot untuk tautan internal dan halaman Anda akan berhenti mendapatkan peningkatan peringkat.

Setelah itu terjadi, Anda dapat melanjutkan ke langkah 10 untuk meningkatkan sinyal SEO di luar halaman untuk peningkatan ekstra.

Tetapi sebelum saya menyelesaikan langkah 8 di sini, saya ingin memberi tahu Anda tentang posting blog saya yang lain.

Saya menulis tentang topik tautan internal vs eksternal yang menyertakan praktik terbaik untuk diikuti untuk setiap jenis tautan. Jadi, bacalah untuk mempelajari lebih banyak tip dan trik di bidang SEO ini

Jika anda menghadapi kendala bagaimana meningkatkan peringkat website, gunakan saja Agency SEO, gunakan SEO Bulanan agar lebih murah.

Bagaimana Anda Dapat Meningkatkan Ranking website pada pencarian Google

Saya harap Anda menikmati panduan ini tentang cara meningkatkan hasil pencarian Anda. Mudah-mudahan membantu.

Sasaran saya adalah untuk secara khusus menjawab pertanyaan, “Bagaimana Anda dapat meningkatkan hasil pencarian kata kunci Anda?” dengan rencana 10 langkah yang mudah diikuti yang berfungsi untuk istilah, frasa, dan ceruk apa pun.

Semoga tips saya tentang cara meningkatkan hasil pencarian Anda adalah saran yang tepat yang Anda butuhkan untuk membuat rencana untuk meningkatkan peringkat kata kunci Anda dengan cepat.